Minggu, 18 Desember 2011

The Jakmania Padang, Loyalitas Tanpa Batas

Oleh Haris Prima 

Mungkin selama ini mendengar kata-kata loyalitas tanpa batas dalam mendukung Persija Jakarta. Yah, semua mengetahui apa arti dari loyalitas itu dan bagaimana loyalitas Jakmania dalam mendukung Persija. Di saat pertandingan kandang bahkan di saat tandang pun, Jakmania selalu hadir ke mana pun Persija berlaga. Itu, sudah tugas dan kewajiban bagi Jakmania yang sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Sudah setahun komunitas The Jakmania Padang. Komunitas ini, wadah bersatunya anak-anak Jakarta yang sedang merantau di Padang. Kini, kepemimpinan Jakmania Padang, Nero dan beranggotakan 25 orang.

Hingga sekarang, fan Jak Padang tidak hanya dari kalangan anak-anak Jakarta yang menempuh studi atau bekerja di Padang. Tetapi, banyak juga dari anak-anak Padang yang bergabung.

“The Jakmania Padang mempunyai misi mempersatukan para The Jakmania di wilayah Padang dan sekitarnya. Serta dapat mempererat tali silaturahmi antar The Jakmania dan suporter lain yang berada di Padang,” ungkap Nero, Ketua Jakmania Padang didampingi anggota Jakmania Padang lainnya.

Totalitas Jakmania Padang memberikan support kepada tim kebanggaan Persija Jakarta ditunjukkan dengan mendukung langsung saat Persija bertandang di Padang ataupun di daerah lain di Sumatera.

“Bersatu dalam Satu Jiwa untuk Mendukung Persija Jakarta”,  adalah motto yang diusung anak-anak Jakarta yang tergabung dalam Jakmania Padang.

“Tak hanya anak muda aja anggota Jakmania ini. Yang tua-tua banyak juga. Mereka lebih banyak memberikan masukan-masukan untuk anggota Jakmania Padang,” ungkap Nero, penggemar Ismet Syofyan  ini.

Ditambahkan Dheny, saking cintanya dengan Persija Jakarta, para Jakmania rela mendatangi berbagai kota saat Persija berlaga. “Ada kepuasan tersendiri ngasih dukungan kalo Persija bertanding. Apalagi disaksiin langsung di lapangan. Jika nggak sempat, biasanya kami nonton bareng,” kata Dheny.

Dheny tetap mendukung Persija Jakarta meski berlaga di Indonesian Super League (ISL). “Ada sich rasa kekecawaan kami terhadap PSSI. Tapi bagaimanapun, kami tetap mendukung Persija meski tak berlaga di Padang,” katanya.

Minggu depan, Jakmania Padang akan mendatangi Jaka Baring memberikan dukungan saat Persija Jakarta berlaga.
Selain kegiatannya mendukung Persija Jakarta berlaga di lapangan hijau, The Jakmania Padang juga menunjukkan eksistensinya di Padang dengan melakukan aksi sosial penggalangan dana untuk korban bencana.

“Aksi sosial itu agar suporter bila Indonesia peduli dengan sesame. Kegiatan ini salah satu agenda resmi tahunan The Jakmania,” kata Wimo, Jakmania cewek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar